Sabtu, 21 September 2013

"Cetak Uangmu Sendiri” dengan Cinch by Shaun Robison

Setiap magician yang "baik" memerluka setidaknya satu rutin "bill change", karena hampir sebagian besar penonton (setidaknya yang saya alami) pasti pernah berkata "Bisa ngerubah uang nggak?"



Pertama kali saya melihat demo video Cinch, terus terang saya tidak terlalu suka dengan handlingnya. Terutama saat Mr. Shaun Robison "menarik" lipatan kertas sehinggga berubah menjadi uang. Terlihat sangat tidak natural. Namun semua berubah saat negara api menyerang. Saya memutuskan untuk membeli gimmick ini dan WOW! Saya acungi jempol dengan metodenya yang “kreatif” dan “tidak biasa”. Untuk saat ini, menurut saya, Cinch adalah “bill change” terbaik. Tanpa TT, tanpa IT, dan tanpa perekat.

Routine: Magician menunjukkan selembar kertas putih dan kedua tangan bisa Anda tunjukkan kosong, tanpa menyembunyikan(?) sesuatu. Lalu magician melipat-lipat kertas putih, kemudian lipatan tersebut “ditarik” dan VOILA! Kertas sudah berubah menjadi selembar uang yang bisa langsung dibelanjakan.
Tingkat kesulitan: 3/5

Kelebihan: 
  • Ultra visual. Kertas dalam sekejap berubah menjadi uang tanpa ditutup-tutupi.
  • Pada awal permainan, Anda berada pada posisi “bebas” menunjukkan kedua tangan andakosong. Anda hanya memegang selembar kertas saja. Tip: anda bisa “menggigit” kertas diantara bibir saat Anda menggulung lengan baju Anda, just as a convincer :)
  • Trik ini sangat cocok untuk pesulap yang ingin belajar atau memperbagus teknik “palming” dan “ditching”.
Kekurangan: 
  • Harus sering latihan, terutama waktu “move” krusialnya (apakah sering latihan merupakan sebuah kekurangan? Sudah selayaknya kan sebuah efek dilatih sebanyak mungkin sebelum ditampilkan? Yah, kan ada beberapa orang yang suka trik “instan” dan “gampang”. Bagi orang-orang seperti ini, mungkin sering latihan bisa menjadi sebuah “kekurangan”). 
  • Pada awal-awal latihan, gimmick akan mudah sekali “copot dan hilang”. Yups, gimmicknya kecil sekali, jadi Anda harus ekstra hati-hati. Tips: resiko “copot dan hilangnya” gimmick bisa diminimalisir dengan “memodifikasi” handling terakhirnya. Cobalah bereksperimen sendiri. 
  • Anda memerlukan teknik “palming” dan “ditching” (sama seperti poin pertama, ini bisa menjadi sebuah “kekurangan” bagi beberapa orang). 
  • Memerlukan reset (sekitar 3 menit), namun hal ini bisa diatasi dengan membuat banyak gimmick sekaligus. 
  • Angle. Sama seperti efek serupa yang menggunakan TT, penonton harus berada di depan Anda.  Perlu audience management yang baik.
Overall, Cinch sangat direkomendasikan buat magician yang sedang mencari efek “bill change” yang visual tanpa ditutup-tutupi. Cinch juga bisa menjadi “cara yang keren” untuk membayar sesuatu.


Note: Terima kasih untuk @syamwinchester di twitter atas artikel ini. Artikel ini murni tanpa pengeditan (kecuali judul dan gambar)

0 komentar:

Posting Komentar